PEMERINTAH DESA PENINJOAN, LAKUKAN AKSI PEDULI LINGKUNGAN

20 September 2019
Administrator
Dibaca 688 Kali
PEMERINTAH DESA PENINJOAN, LAKUKAN AKSI PEDULI LINGKUNGAN

Peninjoan, SID Desa Jurnalisnya Desa

Sabtu (21/9) Pemerintah Desa Peninjoan lakukan aksi peduli lingkungan. Pemerintah Desa Peninjoan beserta seluruh aparatur desa bersama-sama melaksanakan kegiatan peduli lingkungan dengan melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah plastik di seluruh wilayah Desa Peninjoan. Kegiatan resik sampah plastik ini  diikuti oleh seluruh aparatur Desa dan melibatkan seluruh elemen masyarakat, baik kalangan ibu-ibu rumah tangga (PKK), Petugas Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan (Gasal), Sekaa Truna, Sekolah-sekolah dari tangkat PAUD sampai SMP yang ada di wilayah Peninjoan, LPD  Desa Adat yang ada di  wilayah Peninjoan, dan organisasi-organisasi kemasyarakatan.

Aksi peduli lingkungan ini yang merupakan himbauan langsung dari pemerintah kecamatan agar masing-masing instansi-instansi yang ada di Desa melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah plastik dilingkungan kerjanya masing-masing yang dikoordinir oleh pemimpin masing-masing wilayah kerja tersebut. Desa Peninjoan sendiri memiliki lima belas banjar dinas yang tersebar diseluruh wilayah Desa Peninjoan. Dalam kegiatan bersih sampah plastik ini kelian dinas mengajak seluruh  masyarakat di wilayah kerjanya bersama-sama melakukan kegiatan ini. Sedangkan aparatur desa sendiri melaksanakan kegiatan bersih sampah plastik  dipusatkan di lingkungan Pura Dalem Agung Tampuagan.

Menurut  salah satu perserta kegiatan bersih sampah plastik di lingkungan Desa Peninjoan, Dewa Gede Adnyana mengatakan "tujuan kegiatan resik sampah plastik ini sesuai dengan peraturan Gubernur melalui pemerintahan Desa agar sampah plastik yang ada di lingkungan rumah tangga maupun banjar dapat berkurang secara perlahan. Kelian Dinas Banjar Karang Suung Kelod ini juga mengajak agar masyarakat selalu perduli dengan lingkungannya terutamanya kebersihan di lingkungan rumah tangga  agar tercipta kebersihan di tinggkat rumah tangga masing-masing."

Ditegaskan kembali oleh Sekdes Desa Peninjoan yang juga selaku Plt Perbekel Desa Peninjoan mengatakan " bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan sampah plastik ini agar lingkungan yang ada di wilayah desa peninjoan bebas dari sampah plastik, sesuai dengan himbauan dari pemerintah pusat, Provinsi maupun pemerintah daerah. Kegiatan seperti ini juga diharapkan mempu memotivasi masyarakat untuk selalu peduli dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Pak sekdes yang juga selaku Plt Perbekel Peninioan ini juga berharap kedepannya kegiatan seperti ini terus berlanjut dan berkesinambungan, agar kedepannya masyarakat mampu mengelola sampahnya secara mandiri."

Dari hasil kegiatan ini harapan kedepannya masyarakat menyadari pentingnya menjaga, mengelola dan melestarikan lingkungan agar tetap bersih dan asri sesuai dengan program kerja pemerintah Provinsi Bali  yakni Nangun Sad Kertih Loka Bali.